JUBILEUM 150 TAHUN HKBP

JUBILEUM 150 TAHUN HKBP

11 April 2009

PASKAH 2009 (II)



ASAL HARI PASKAH

Paskah, suatu perayaan untuk mengenang kebangkitan Kristus merupakan suatu peristiwa yang sangat penting dalam kehidupan orang Kristen. Gereja di seluruh dunia merayakan kemenangan Kristus atas maut, dengan doa dan pujian kemenangan. Jika Natal menandai kelahiran Kristus sebagai anak Allah yang turun ke bumi, Paskah merayakan kebangkitanNya. Kata Paskah yang diterjemahkan dari bahasa Inggris “Easter”  berasal dari festival bangsa Tetonic, yang merayakan datangnya musim semi tiap tahun

dan disebut "Eastur"; "Paques" dalam bahasa Perancis; "Pasqua", dalam bahasa Italia; "Pascua" dalam bahasa Spanyol; "Pascha" dalam bahasa Yunani dan "Paaske" dalam bahasa Norwegia. Kata “Easter” sama sekali bukan berasal dari dewa Oestar (Jerman) atau Ishtar (Babylon) yang merupakan simbol dewi kesuburan.

 

Semua kata di atas berasal dari bahasa Ibrani, "Pesah", sebuah pesta bangsa Yahudi yang dirayakan pada malam bulan purnama muncul pertama kali di musim semi. Pesta yang dalam bahasa Inggris disebut "Passover" ini menandai pembebasan bangsa Israel dari Mesir yang memperbudak mereka. Malaikat kematian dikirim Allah untuk membunuh anak pertama dari bangsa Mesir yang tak mau melepas bangsa Israel keluar dari Mesir. Malaikat tersebut melewati (Pass over) rumah-rumah orang Yahudi tanpa  membunuh anak-anak mereka. Diabad pertama sejarah gereja Katolik, hari Paskah biasanya jatuh seminggu sesudah hari raya Sabbath Passover orang Yahudi.

Pada masa kini, Paskah dirayakan antara tanggal 22 Maret dan 25 April, yang selalu jatuh pada hari Minggu. Pada abad keenam belas, Gereja Katolik menggunakan penanggalan Gregorian dan gereja Kristen Orthodox menggunakan penanggalan Julian. Akibatnya hari raya Paskah kedua gereja ini selalu jatuh pada hari minggu yang berlainan.

Salah satu tradisi hari Paskah yang masih selalu dirayakan ialah menghias telur, terutama untuk anak-anak. Dizaman dulu, telur merupakan simbol kesuburan atau rejeki. Kaum Kristen kemudian menggunakan telur sebagai simbol Tritunggal dan kebangkitan Yesus. Menyembunyikan dan kemudian menemukan telur yang biasanya dikenal dengan “egg hunting” mengajar anak kecil bahwa kita disembunyikan dari kasih Tuhan dan kemudian ditemukan oleh Yesus yang mengampuni dan mencintai kita.

 

Selamat berburu telur tanggal 12 April nanti....

Selamat Hari Paskah 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar