JUBILEUM 150 TAHUN HKBP

JUBILEUM 150 TAHUN HKBP

25 April 2009

Khotbah Minggu Miserikordias Domini, 26 April 2009


GOK ASI NI ROHA NI JAHOWA DO TANO ON (Psalm 33:5b)

Ev : Mikha 7 : 14-20 Ep : 1 Petrus 5 : 1-5

Apakah kriteria bagi gembala yang baik? Mikha 7 : 14-20 menyebutkan bahwa Gembala yang baik, yaitu Tuhan, adalah penuh kasih. Gembala yang baik itu akan memegang kekuasaan dan menggenapi janji Allah tentang seluruh daerah yang dijanjikan kepada Abraham dan keturunan-Nya. (Uraian tentang Gembala yang baik bisa kita baca pula dalam Mazmur 23 dan Yohanes 10).

Gembala yang baik, akan: Pertama, membela umatNya. Sebagai Pembela Israel, Ia rela berkorban (7:14). 


Kedua, mengampuni. Ia menyatakan penghukuman demi keadilan, tetapi juga mengungkapkan kasih dengan mengampuni dosa dan memaafkan pelanggaran (7:18).


Ketiga, memberikan kecukupan. Perkataan “Biarlah mereka makan rumput di Basyan dan Gilead” (7:14) menunjuk kepada hidup yang berkecukupan, mulai dari Gunung Karmel sampai Basyan dan Gilead. Mikha berdoa memohon pemeliharaan dan perlindungan Allah sebagai Gembala. Dahulu Allah telah menjadikan umat-Nya berkecukupan seperti domba-domba yang makan rumput dengan berlimpah-limpah dipadang rumput yang subur di Basyan dan Gilead, semoga Ia melakukan hal itu lagi. Jawaban Ilahi itu menyakinkan Israel akan campur tangan Allah, seperti yang dilakukan secara langsung dan pasti pada waktu Ia mengeluarkan mereka dari perhambaan di Mesir (15).


 

Apakah Anda mengenal Gembala yang baik? Bila Anda sedang berjalan dalam lembah kekelaman atau berada di wilayah tandus, ingatlah bahwa Gembala yang baik itu setia dan kerinduan-Nya adalah menuntun Anda ke padang yang berumput hijau serta telaga yang tenang

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar